Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Ade Nurpriatna STAI Kharisma Cicurug Sukabumi Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70757/kharismatik.v1i1.12

Abstract

This research discusses the application of problem solving method in improving Islamic Religious Education learning at Iko Anata Putra Junior High School, Nagrak, Sukabumi. This research aims to identify the impact of the application of problem solving method on students' understanding of Islamic teachings. The research method used was classroom action research involving 8th grade students as subjects. Data were collected through observation, interviews, and comprehension tests. The results showed that the application of the problem solving method significantly increased students' active participation, understanding of Islamic concepts, as well as the ability to solve religion-related problems in daily life. Therefore, the application of the problem solving method can be used as an effective alternative to improve the quality of Islamic Religious Education learning at the junior high school level.

Keyword: Education. Islamic Religious, Problem solving method

ABSTRAK

Penelitian ini membahas penerapan metode problem solving dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Iko Anata Putra, Nagrak, Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penerapan metode problem solving terhadap pemahaman siswa tentang ajaran agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan siswa kelas VIII sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving secara signifikan meningkatkan partisipasi aktif siswa, pemahaman konsep agama Islam, serta kemampuan dalam menyelesaikan masalah-masalah terkait agama dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penerapan metode problem solving dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat SMP.

Keyword: Metode problem solving, Pendidikan, Pendidikan Agama Islam

References

Afrianti, M. F. (2011). @article{sroyer2013pentingnya, title={Pentingnya Quantitative Reasoning (Qr) Dalam Problem Solving}, author={Sroyer, Agustinus}, journal={Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret}, volume={2}, pages={25--104}, year={2013} }@article{sroyer2013pentingnya, . Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1–20.

Bariah, K., Adawiyah, Y. R., & Firdaus, S. (2022). Penerapan Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy) untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab. Hijai-Journal on Arabic Language and Literature, 5(1), 76–86.

Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’dib, 8(1).

Chaerudin, A. (2018). Manajemen pendidikan dan pelatihan SDM. CV Jejak (Jejak Publisher).

Saleh, M. (2013). Strategi pembelajaran fiqh dengan problem-based learning. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1).

Samsiyah, N., Rudyanto, H. E., & others. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23–33.

Sroyer, A. (2013). Pentingnya Quantitative Reasoning (Qr) Dalam Problem Solving. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret, 2, 25–104.

Tampubolon, M. P. (2020). Change Management: Manajemen Perubahan: Individu, Tim Kerja, Organisasi. Mitra Wacana Media.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Nurpriatna, A. (2023). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kharismatik : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.70757/kharismatik.v1i1.12

Citation Check