Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Multikultural Sekolah Menengah Kejuruan Bhakti Karya Parigi

Authors

  • Reiga Rahmatulloh STIT NU Al Farabi Pangandaran Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70757/kharismatik.v1i2.53

Abstract

ABSTRACT

The multicultural-based educational marketing strategy regulated by the Bhakti Karya Parigi Vocational High School, is regulated in pursuing effective and efficient educational marketing in terms of educational strategy and marketing. The education marketing strategy is implemented to regulate the various concepts used in education marketing, in order to balance the education marketing carried out by other institutions. This research uses a descriptive qualitative approach in the writing mechanism, and data management uses analysis of interview results and literature review of educational marketing strategies. The results of research on educational marketing management strategies regulated by the Bakti Karya Parigi Multicultural Vocational School, with educational marketing management using the concept of offering, creating and exchanging educational products. In the concept of offering educational marketing, it is carried out by visiting educational institutions at the junior high school level and holding activities that involve the environment and educational system at the Bakti Karya Parigi Multicultural Vocational School. The results of research in multicultural-based educational marketing strategies in marketing strategies include stages of problem analysis and potential analysis, problem analysis is found in the response of the community, students and educational institutions. Potential analysis is found in the potential success of management concepts and strategies. Educational marketing management uses a concept consisting of the stages of creating, offering, exchanging products and services that have good value for other parties. The strategies used in education marketing in the community response sector are handled with an evaluation system for education marketing concepts and strategies, and the management functions used in education marketing are at the implementation and supervision stages which must continue to be improved. The implementation and supervision stages are still not optimal with the number of students and environmental understanding has not been achieved properly. So in handling this matter, the educational marketing strategy in the 2023-2024 academic year maximizes the implementation and supervision of the concepts used in educational marketing at Bhakti Karya Parigi Vocational School.

Keyword: Educational Marketing, Multicultural, Management

ABSTRAK

Strategi pemasaran pendidikan yang berbasis multikutural yang di regulasikan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Bhakti Karya Parigi, diregulasikan dalam menempuh pemasaran pendidikan yang efektif dan efisien dari segi strategi dan pemasaran pendidikan. Strategi pemasaran pendidikan dilaksanakan untuk mengatur berbagai konsep yang di gunakan dalam pemasaran pendidikan, dalam mengimbangi pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh lembaga lain. Penelitian ini menggunakan pendengakat secara kualitatif deskriptif dalam mekanisme penulisan, dan pengelolaan data menggunakan analisis hasil wawancara dan stady pustaka terhadap strategi pemasaran pendidikan. Hasil penelitian pada startegi manajemen pemasaran pendidikan yang diregulasikan oleh SMK Multikutural Bakti Karya Parigi, dengan manajemen pemasaran pendidikan menggunakan konsep penawaran, menciptakan, dan pertukaran produk pendidikan. Pada konsep penawaran pemasaran pendidikan dilaksankan dengan metode kunjungan kepada lembag aoendidikan tingkat SLTP dan mengadakan kegiatan yang meibatkan lingkungan dan sistem pendidikan di SMK Multukutural Bakti Karya Parigi. Hasil penelitian dalam strategi pemsaran pendidikan yang berbasisi multikutural dalam strategi pemasaran terdapat tahapan analisis permasalahan dan analisis potensi, analisis permasalahan terdapat pada respon masyarakat, peserta didik, dan lembaga pendidikan. Analisis potensi terdapat pada potensi keberhasilan konsep manajemen dan strategi, Manajemen pemasaran pendidikan menggunakan kosep yang terdiri dari tahapan menciptakan, menawarkan, mempertukrkan produk dan jasa yang memepunyai nilai baik bagi pihak lain. Strategi yang di gunakan dalam pemasaran pendidikan dalam,sektor respon masyarakat di atasi dengan sistem evaluasi konsep dan strategi pemasaran pendidikan, dan fungsi manajemen yang di gunakan dalam pemasaran pendidikan terdapat pada tahapan pelaksanaan dan pengawasan yang mesti terus di tingkatkan. Tahapan pelaksanaan dan pengawasan masih kurang maksimal dengan jumlah peserta didik dan pemahaman lingkungan belum tercapai dengan baik. Maka dalam penanganan hal tersebut strategi pemasaran pendidikan pada tahun ajaran 2023-2024 lebih memaksimalkan pelaksanaan dan pengawasan terhadap konsep yang di gunakan dalam pemasaran pendidikan di SMK Bhakti Karya Parigi.

Keyword: Pemasaran Pendidikan, Multikutural, Manajemen

 

 

References

Ari, H. P. (2008). Metode Analisis Akar Masalah dan Solusi. Makara Sosial Humaniora, 12(2), 72–81.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Masyarakat Menurut Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. 2(1), 53–64.

Hidayat, W., Suryana, Y., & Fauziah, F. (2020). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 346. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1004

I Nyoman Sudiarta. “Strategi Pemasaran: Mengintegrasikan Konsep Pemasaran Pariwisata, Gaya Hidup Konsumen dan Manajemen Destinasi Pariwisata Menuju Kualitas Pengalaman Berkelanjutan” dalamJurnal Ilmiah Manajemen dan Akutansi STIE Triatma Mulya, Vol. 16/No. 2/Desember 2011, hlm. 60.

Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik Dalam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 3–17.

Raharja, S. (2010). pemasaran multikutural dalam peningkatan mutu pendidikan.pdf. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 29. https://media.neliti.com/media/publications/112791-ID-mengkreasi-pendidikan-multikultural-di-s.pdf

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Marketing Management. (New Jersey: Prentice Hall, 2012), hlm. 5.

Sudiarta, Y. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 7(2), 261–283. https://drive.google.com/file/d/10F5x6ckT4M5c2xWPKVdsvLTxxTJ9g1KI/view?usp=share_link

Sudrartono, T. (2019). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Umk. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 53–64. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.40

Tihalimah. (2021). Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Pelanggan pendidikan SMKN 1 Pasie Raya Aceh Jaya. Jurnal Intelktual, 10(1), 55–74.

Wicaksono, A. S. (2011). Variabel - variabel yang Mempengaruhi Pemasaran Pendidikan. Jurnal Bisnis Indonesia, 2(1), 50–59.

Downloads

Published

2023-10-17

How to Cite

Rahmatulloh, R. (2023). Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Multikultural Sekolah Menengah Kejuruan Bhakti Karya Parigi. Kharismatik : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 75–85. https://doi.org/10.70757/kharismatik.v1i2.53

Citation Check